Friday, February 7, 2014

MATERI KE SH AN UNTUK SISWA TINGKAT POLOS KE JAMBON PSHT

Panca Dasar PSHT

Dalam PSHT kita tidak hanya belajar pencak silat atau berorganisasi tapi lebih dari itu maka dari kita mengenal adanya 5 dasar PSHT, meliputi :
1. Persaudaraan
2. Olahraga
3 Beladiri
4. Kesenian
5. Kerohanian / Ke SH an

1. PERSAUDARAAN :
Persaudaraan adalah suatu hubungan batin antara manusia  dengan manusia yang sifatnya seperti saudara kandung dan ini di tanamkan sejak siswa mengecap pelajaran PSHT. Dengan Persaudaraan, manusia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat martabatnya sebagai makhluk tuhan yang sama derajatnya. Perlakuan ini tanpa membedakan hak dan kewajiban azasinya, Kedudukan sosial ekonomi, keturunan, agama dan kepercayaan, jenis kelamin dll. Yang mana Persaudaraan dalam PSHT bersifat kekal dan abadi.

2. OLAHRAGA :
Pengertian olahraga disini adalah mengolah tubuh / raga dengan gerakan-gerakan pencaksilat yang terdapat dalam PSHT. Adapun manfa'at bermain pencak silat :
- Memperbaiki suasana hati
- Menumbuhkan rasa percaya diri
- Mengurangi Stress
- Menguatkan otot tubuh
- Membantu proses metabolisme dalam tubuh
- Membina kekuatan, kecepatan, ketepatan dan keseimbangan

3. BELADIRI
Dengan pencak silat yang dijiwai oleh pengenalan kepda sang pencipta dan diri pribadi maka pencak silat berfungsi sebagai alat membeladiri untuk mempertahankan kehormatan. PSHT tidak mengajarkan beladiri asing, karena pencaksilat yang berakar pada budaya asli Indonesia tidak kalah mutunya dengan beladiri asing. Dengan demikian PSHT ikut mempertahankan dan mengembangkan kepribadian Indonesia.

4. KESENIAN :
Seni adalah keindahan dimana kesenian dalam pencak silat dapat berbentuk permainan tunggal ganda ataupun massal.
Adapun tujuan seni dalam pencak silat :
- Memelihara kaidah pencak silat yang baik dengan menumbuhkan kelenturan, keluwesan dan keindahan gerakan yang dihubungkan  dengan keserasian irama.
- Sebagai latihan dalam pengembangan aspek keserasian dan keselarasan yang diharapkan dapt berpengaruh  dalam sikap dan perilaku hidupnya.

5. Kerohanian / Ke SH an :
Didalam PSHT, Kerohanian sering disebut dengan ke SH an. Kerohanian merupakan sumber azasi Tuhan YME untuk mencapai Manusia yang berbudi luhur guna kesempurnaan hidup. Adapun tujuan kerohanian dalam PSHT adalah untuk mendidik anggota PSHT yang berjiwa setia hati agar di dalam menempuh kehidupan ini memperoleh kebahagiaan dan kesejahteraan lahir batin dan akhirat.

0 comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SH TERATE CABANG BATU

SELAMAT DATANG DI SH TERATE CABANG BATU

Salam Persaudaraan,
Sebelumnya Kami Mohon Maaf kepada para pengunjung blog sh terate cabang batu. Karena di blog ini masih banyak kekurangan, kami mohon kritik dan saran demi kelangsungan blog ini. Agar blog dapat bermanfaat bagi seluruh anggota Persaudaraan Setia Hati Terate terutama yang berada di Cabang Batu. Blog ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar persaudaraan setia hati terate cabang batu. Agar segala informasi yang berkaitan dengan persaudaraan setia hati terate cabang batu dapat di akses melalui blog ini. Kurang lebihnya Kami selaku Admin mohon maaf sebesar-besarnya terimakasih

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes