Monday, February 10, 2014

AJARAN PSHT

Lewat konsep pembelajaran yang terangkum dalam Panca Dasar tersebut PSHT berupaya membimbing warganya untuk memiliki lima watak dasar yaitu :

1. Berbudi luhur tahu dan benar dan salah serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Pemberani dan tidak takut mati.
3. Berhadapan dengan masalah kecil dan remeh mengalah, baru bertindak jika menghadapi masalah prinsip yang menyangkut harkat dan martabat kemanusiaan.
4. Sederhana
5. Memayu hayuning Bawana (Berusaha menjaga kelestarian, kedamaian, dan ketentraman hati).

Melengkapi eksistensi sebagai organisasi cinta perdamaian, PSHT memformat warganya lewat beberapa butir filsafat perjuangan hidup, antara lain :
1. Sepiro Gedining Sengsoro yen tinompo amung dadi coba (Seberat apapun cobaan yang diterima manusia jika dijalani dengan lapang dada akan diperoleh hikmah yang tidak terkira.)
2. Sak apik-apike wong yen aweh pitulungan kanthi dhedemitan (Sebaik-baiknya manusia jika memberikan pertolongan dengan ikhlas tanpa pamrih dan tidak perlu diketahui orang lain).
3. Aja waton ngomong ning ngomong kang nganggo waton (jangan suka berbuat jelek pada sesama berbuatlah kebajikan pada sesama).
4. jaa seneng gawe ala ing liyan, apa alane  gawe senenge liyan (Jangan suka mencelakakan orang lain, tidak ada jeleknya membuat senang orang lain).
5. Aja sok rumongso bisa, nanging sing bisa rumangsa (jangan merasa diri paling super, tapi sadar diri dan sadar akan keberadaan orang lain).
6. Ngunduh wohing pakarti, sapa nandur bakal ngunduh (Segala darma pasti berbuah, apapun perbuatan yang kita lakukan pasti akan kembali pada diri kita sendiri).

0 comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SH TERATE CABANG BATU

SELAMAT DATANG DI SH TERATE CABANG BATU

Salam Persaudaraan,
Sebelumnya Kami Mohon Maaf kepada para pengunjung blog sh terate cabang batu. Karena di blog ini masih banyak kekurangan, kami mohon kritik dan saran demi kelangsungan blog ini. Agar blog dapat bermanfaat bagi seluruh anggota Persaudaraan Setia Hati Terate terutama yang berada di Cabang Batu. Blog ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar persaudaraan setia hati terate cabang batu. Agar segala informasi yang berkaitan dengan persaudaraan setia hati terate cabang batu dapat di akses melalui blog ini. Kurang lebihnya Kami selaku Admin mohon maaf sebesar-besarnya terimakasih

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes